Masa Iya Tidak Bisa Kurban Meski Hanya Dengan Kambing 1 Ekor

Dalam menunaikan ibadah qurban, hewan yang paling banyak dipilih untuk dikurbankan terutama bagi masyarakat Indonesia adalah kambing. Hal tersebut terutama disebabkan karena harga kambing kurban lebih terjangkau dibandingkan dengan Harga hewan kurban lainnya seperti sapi dan unta. Jika Harga hewan kurban tersebut dibandingkan, maka harga satu ekor sapi sebanding dengan harga 7 ekor kambing. Sapi atau daging unta tentunya lebih mahal karena bobotnya jauh lebih besar dan dagingnya lebih banyak dibandingkan kambing. Meskipun harga kambing termasuk lebih terjangkau, namun masih banyak juga masyarakat yang memilih berkurban sapi untuk qurban satu keluarga yang biasanya maksimal sebanyak 7 orang.



Karena kambing termasuk hewan yang paling banyak digunakan untuk qurban, Global Qurban menyediakan beberapa pilihan kambing yang kondisinya sangat baik, terjamin kesehatannya, tidak cacat, dan tentunya memenuhi syariat hewan qurban. Global Qurban melalui websitenya juga memberikan informasi mengenai perkembangan harga kambing kurban setiap bulannya supaya masyarakat mengetahui kisaran biaya yang diperlukan untuk berkurban. Biasanya usia kambing yang dikurbankan sesuai syariat islam berumur setengah tahun hingga 1 tahun. Harga yang dipatok untruk paket qurban kambing lokal dengan bobot kurang dari sama dengan 25 kg adalah Rp 1.750.000,- per ekor. Sedangkan harga paket qurban Palestina dan Suriah dengan bobot kurang dari sama dengan 45 kg adalah Rp 4.275.000,- per ekor. Dalam pengelolaan qurban, tidak ada tambahan biaya lagi baik untuk biaya administrasi maupun biaya pendistribusian.

Kambing yang disediakan oleh panitia Global Zakat merupakan kambing yang berasal dari peternak dalam negeri dengan kualitas yang tentunya telah teruji. Untuk lebih memberdayakan para peternak lokal, Global Qurban bekerjasama dengan para peternak tersebut untuk mengelola Lumbung Ternak Masyarakat terutama kambing kurban. Lumbung ternak tersebut sudah tersebar di 3 daerah yaitu Tasikmalaya, Blora, dan Jogjakarta. Selain itu, panitia juga memberikan penawaran program Wakaf Qurban kepada masyarakat yang ingin menunaikan ibadah qurban namun dalam bentuk hewan untuk diurus oleh pihak panitia hingga menjelang Idul Adha. Dalam hal ini, panitia bekerjasama dengan peternak profesional untuk merawat hewan yang akan dikurbankan tersebut. 

Sebagai salah satu ibadah yang hukumnya sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu, menunaikan ibadah qurban patut dianggap sebagai suatu keharusan untuk membantu sesama manusia yang kurang mampu. Oleh sebab itu, Global Qurban selalu berupaya untuk menjalankan amanah dari masyarakat yang berkurban dengan cara memperluas distribusi daging termasuk daging kambing kurban hingga ke pelosok daerah di Indonesia, serta 33 negara lainnya yang sedang mengalami masalah kemanusiaan seperti kelaparan dan konflik kemanusiaan agar pembagiannya lebih tepat sasaran dan manfaat qurban menjadi lebih luas. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Cold Pressed Di Lemonilo.com Segera

Bantuan Untuk Warga Somalia Yang Dilanda Kelaparan

Wakaf Pangan Untuk Mengatasi Krisis Kelaparan