Harga Sapi Kurban, Bukan Alasan untuk Tidak Memilihnya - Menjadi Lebih Pintar

Find us on Google Plus

ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 31 Agustus 2017

Harga Sapi Kurban, Bukan Alasan untuk Tidak Memilihnya

Bagi umat Islam, tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari penting yang pada tanggal tersebut merupakan salah satu hari besar umat Islam. Hari besar yang jatuh pada tanggal tersebut adalah hari raya Idul Adha. Umat Islam juga biasa menyebut hari besar yang satu ini dengan sebutan lebaran haji. Hal ini dikarenakan di tanggal tersebut bertepatan dengan dilaksanakannya ibadah haji di Baitullah. Berbeda dengan hari raya idul fitri yang identik dengan saling memaafkan, hari besar yang satu ini identik dengan hewan kurban. Hewan kurban merupakan hewan ternak berupa kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta yang disembelih sebagai salah satu bentuk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hewan sapi kurban merupakan salah satu hewan kurban favorit yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Sapi merupakan salah satu hewan mamalia yang masuk ke dalam kelas herbivora atau pemakan tumbuhan. Hewan mamalia yang satu ini ketika menjelang hari raya Idul Adha akan banyak dijual di berbagai tempat baik di pasar hewan, pinggir jalan, dan beberapa toko online. Jika Anda adalah salah satu orang yang akan menentukan sapi sebagai hewan kurban, tentulah Anda harus mengetahui beberapa cara untuk memilih sapi kurban yang baik dan benar. Cara pertama yang dapat ada lakukan adalah dengan melakukan pengecekan apakah hewan kurban tersebut merupakan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam atau belum? Cara yang satu ini tentulah menjadi sebuah cara yang harus Anda lakukan ketika memilih hewan kurban. Karena apabila Anda menyembelih hewan kurban yang tidak sesuai dengan syarat hewan kurban, tentulah kurban yang Anda lakukan dapat dianggap tidak sah.

Ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki sapi agar masuk ke dam kriteria hewan kurban. Pertama, sapi kurban tersebut harus dalam kondisi yang baik dan tidak cacat. Jika Anda menemukan hewan yang memiliki penyakit, pincang, buta, atau beberapa cacat lainnya tentulah sudah menjadi sebuah alasan untuk Anda tidak memilih hewan tersebut sebagai hewan kurban Anda. Kedua, sapi harus memenuhi syarat umur yang telah disyaratkan dalam Islam. Sapi akan dijadikan hewan kurban harus sudah berumur 3 tahun. Biasanya hal ini ditunjukkan dengan pergantian gigi susu yang berukuran kecil dan putih dengan gigi tetap yang memiliki ukuran yang lebih besar. Ketiga, hewan sapi tersebut diperoleh dengan cara yang baik. Sapi yang menjadi hewan kurban tidak diperbolehkan berasal dari hasil curian, hasil rampasan, judi, serta dibeli dengan menggunakan uang haram.

Cara yang kedua adalah dengan memilih sapi yang sehat. Ada beberapa ciri dari sapi kurban yang sehat seperti gerakannya yang lincah, mata jernih, tidak dihinggapi parasit, dan lain sebagainya. Cara yang ketiga adalah dengan membeli hewan kurban dari penjual yang terpercaya. Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membeli sapi untuk berkurban yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot