Pengertian dan Manfaat Pengelola Wakaf Produktif - Menjadi Lebih Pintar

Find us on Google Plus

ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 15 Juli 2017

Pengertian dan Manfaat Pengelola Wakaf Produktif

Wakaf produktif adalah wakaf yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan yang menghasilkan atau produksi dimana hasil dari wakaf tersebut akan di gunakan untuk memenuhi kebutuhan di berbagai macam bidang. Pengelola wakaf produktif merupakan pengurus yang memberikan pelayanan serta pembinaan terhadap harta yang diwakafkan. Harta benda yang diwakafkan bisa berupa tanah, bahan-bahan pokok dan jenis harta lainnya yang berguna untuk memenuhi kebutuhan umat. Wakaf produksi bersifat produktif karena dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan. Mulai dari kepentingan produksi di bidang pertanian, perdagangan, perindustrian, hingga berbagai macam bidang. Sehingga manfaatnya dapat sampai secara langsung. Keuntungan dari wakaf bersifat bersih dan diberikan kepada sejumlah orang yang berhak.



Tugas dari pengelola wakaf produktif yaitu terus meningkatkan produksi harta wakaf sehingga dapat mencapai suatu target ideal guna memberikan manfaat yang besar. Dalam mengelola zakat tidak hanya berfokus pada meraup keuntungan semata, tetapi tidak mengesampingkan pokok-pokok harta yang diwakafkan. Caranya yaitu dengan selalu mengadakan maintenance atau pemeliharaan serta penjagaan saat menginvestasikan harta-harta wakaf sehingga nilai dari harta tersebut tidak berubah. Dengan selalu menjaga dan memelihara harta wakaf serta mendapatkan keuntungan dari setiap harta yang diwakafkan, maka tugas pengelola wakaf yaitu mendistribusikan kepada program-program yang sudah ditentukan saat akad wakaf.

Melakukan wakaf merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan. Karena manfaat tersebut akan terus dirasakan berkelanjutan. Sedikitnya terdapat 4 keuntungan saat berwakaf produktif. Anda bisa merasakan manfaat dari wakaf pangan, wakaf kesehatan, wakaf pendidikan, hingga wakaf ekonomi produktif. Saat ini, Anda bisa melaksanakan wakaf dengan mudah dengan cara wakaf uang. Karena hal tersebut dirasa lebih mudah dan praktis serta manfaat yang didapatkan bisa digunakan untuk berbagai macam bidang. Di Indonesia sendiri, potensi akan pengelola wakaf produktif terutama pada potensi wakaf uang tunai sangat besar. Dalam perhitungan satu bulan dengan tingkat penghasilan 500 ribu rupiah, potensi wakaf yang didapatkan salam satu bulan yaitu 20 Miliar dengan besaran donasi Rp 5.000,- saja. Keadaan tersebut bisa dilihat dengan prediksi jumlah donatur sebanyak 4 juta.

Dengan adanya pengelolaan wakaf produksi secara produktif dan dikelola dengan baik, maka hasil dari investasi tersebut dapat tersalurkan. Sehingga dapat membantu kaum dhuafa serta kepentingan umat. Keunggulan dari wakaf produktif terutama berupa wakaf uang yaitu dapat terus bertambah bahkan tidak berkurang sama sekali. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak sekali pengelola wakaf produktif yang berkembang di Indonesia, salah satunya adalah globalwakaf.com. Sehingga investasi dalam bentuk wakaf uang tunai akan jauh lebih bermanfaat terutama untuk membantu masyarakat Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kemiskinan yang cukup banyak. Sehingga dengan adanya pengelolaan wakaf yang lebih produktif maka dapat lebih memberdayakan masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot