Cara Mendapatkan Beasiswa S1 di Malaysia

Negara tetangga Indonesia yaitu Malaysia menjadi salah satu tujuan kuliah bagi lulusan SMA atau sederajat di Indonesia. Mendapat beasiswa di Malaysia bisa melalui program beasiswa Ancora-Khazanah Asia Scholarship. Beasiswa ini dibangun Ancora Foundation serta Yayasan Khazahan. Penerima beasiswa ini adalah para pelajar berprestasi yang memiliki komitmen serta dedikasi tinggi dalam menjadi agen perubahan agar dapat membangun bangsa dan juga negara Indonesia. Beasiswa ini juga memiliki tujuan dalam mencetak pemimpin strategis pada masa depan, terutama di bidang teknologi, ekonomi, multimedia serta industri. Beasiswa yang diberikan merupakan beasiswa full sehingga seluruh biaya pendidikan akan ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa. 


Beasiswa S1 di Malaysia dari Ancora-Khazanah Scholarship ini juga turut disertai tunjangan hidup dan juga tiket pesawat PP Indonesia-Malaysia. Penerima beasiswa akan berkuliah di salah satu jurusan dari beberapa universitas Malaysia berikut. Di antaranya adalah Universiti Multimedia atau MMU, Universiti Islam Antarbangsa Malaysia atau IIUM, Universiti Tenaga Nasional atau UNITEN, Universiti Sains Malaysia atau USM, Universiti Putra Malaysia atau UPM, Universiti Kebangsaan Malaysia atau UKM serta Universiti Malaya atau UM. 

Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa S1 di Malaysia

Terdapat beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi agar kita bisa memenuhi kualifikasi guna mendapat beasiswa S1 di Malaysia. Berikut adalah beberapa di antaranya.
1. Pertama sudah lulus dari SMA pada bulan September 2017 dan nilai rata-rata kelulusannya 8.5/10 di Ujian Akhir Nasional. 
2. Peserta mengikuti keseluruhan proses seleksi dari Ancora Foundation serta Yayasan Khazanah. 
3. Peserta diharuskan untuk dalam keadaan sehat secara fisik maupun rohani.
4. Masih atau belum berusia delapan belas tahun pada tanggal 1 September 2017.
5. Peserta diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan serta aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan sosial ataupun kegiatan sukarela, baik di dalam atau di luar sekolah.
6. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan melengkapi formulir yang disediakan di website resmi Ancora Foundation. 
7. Pendaftaran online ini sudah harus dilakukan sebelum tanggal 23 November 2016 pada pukul 17.00 WIB.

Kandidat yang dinyatakan lolos dalam seleksi online akan mengikuti verifikasi dokumen. Dalam tahap ini, kandidat mengirim formulir pendaftaran dan juga fotokopi rapor, sertifikat dan juga dokumen tes bahasa Inggris yang telah diverifikasi. Semua persyaratan di atas disampaikan melalui email. Kemudian, kandidat yang lolos tahap verifikasi dokumen akan menjalani tahap tes online. Tes ini bisa diakses lewat internet. Kandidat yang lolos tahap tes online akan diundang dalam Assessment Centre selama tiga hari di Bandung. Maksimal lima orang peserta yang berhasil melewati tahap Assessment Centre akan memperoleh beasiswa ini. Demikian adalah langkah-langkah dalam mendapat beasiswa S1 di Negeri Jiran, Malaysia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Cold Pressed Di Lemonilo.com Segera

Bantuan Untuk Warga Somalia Yang Dilanda Kelaparan

Wakaf Pangan Untuk Mengatasi Krisis Kelaparan