Pulau yang Dulu Keren Sekarang Jadi Kacau Bila Kamu Liburan

Liburan merupakan moment yang paling dinantikan. Terutama untuk anak sekolah atau para pekerja. Setelah penat dengan berbagai kesibukan, liburan menjadi kesempatan untuk menyegarkan otak dan tubuh. Di Indonesia banyak tempat yang dapat dijadikan sebagai tempat liburan. Termasuk pulau-pulau di Indonesia. Tapi karena kegiatan wisata atau liburan yang tidak bersahabat dengan alam, sekarang ini banyak tempat yang menjadi rusak setelah dikunjungi untuk kegiatan berlibur. Banyak wisatawan atau orang yang berlibur membuang sampah, merusak tumbuhan, hewan dan hal lainnya. 



Berikut beberapa pulau yang sekarang sudah tidak menarik karena tidak dirawat oleh pengunjungnya. 

1. Pulau Bali, Pantai Kuta

Pantai Kuta merupakan pantai yang cukup terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Keberadaannya di pulau Bali membuat Pantai Kuta menjadi sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Statusnya sebagai tujuan wisata menarik dan utama di Bali membuat Pantai Kuta menjadi pantai yang tidak seindah dulu lagi. 

Banyak hal yang membuat Pantai Kuta dan Pulau Bali sudah tidak menarik lagi untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Terkenalnya Bali dan Pantai Kuta membuat liburan tidak terasa tenang. Terutama jika tujuan utama berlibur yaitu untuk menenangkan pikiran. Ini karena Pantai Kuta maupun tempat wisata lain di Bali begitu ramai oleh pengunjung. 

2. Gili Trawangan 

Gili Trawangan merupakan salah satu pulau terkenal yang ada di Lombok. Sebagai tujuan wisata, Gili Trawangan juga cukup sering dijadikan tempat berlibur. Sebagai tempat yang sering dikunjungi membuat Gili Trawangan tidak lagi menjadi tempat liburan yang menarik untuk menenangkan pikiran. Bahkan Gili Trawangan menjadi pulau di Lombok yang sekarang begitu ramai dengan kegiatan malam.
Hal yang paling terkenal dari berlibur di Gili Trawangan adalah wisata bawah lautnya. Namun dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke perairan Gili Trawangan membuat banyak wisata bawah laut Gili Trawangan juga terkena dampaknya. Banyak wisatawan yang tidak tau mengenai arti pentingnya menjaga kelestarian biota yang ada di perairan Gili Trawangan dan merusaknya. 

3. Pulau Sempu

Pulau Sempu merupakan pulau yang sekarang juga terkena dampak kunjungan wisata yang berlebihan. Pulau Sempu sendiri terletak di kabupaten Malang Jawa Timur. Pulau Sempu merupakan sebuah kawasan cagar alam yang tidak seharusnya dibuat untuk kunjungan wisata. Namun sebaliknya, banyak orang yang datang ke pulau ini dengan tujuan wisata. Sebagian besar dari wisatawan meninggalkan sampah mereka. Lama kelamaan ini membuat Pulau Sempu menjadi sebuah pulau yang begitu tercemar dengan sampah plastik. 

Ketika melaksanakan liburan, seharusnya tidak hanya memikirkan kesenangan, namun juga harus memikirkan kelestarian lingkungan. Itulah beberapa pulau di Indonesia yang sering menjadi tujuan wisata namun risiko mengalami kerusakan lingkungan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Cold Pressed Di Lemonilo.com Segera

Wakaf Pangan Untuk Mengatasi Krisis Kelaparan

Bantuan Untuk Warga Somalia Yang Dilanda Kelaparan