Inilah 3 Hal Yang Paling Dinanti Oleh Mahasiswa - Menjadi Lebih Pintar

Find us on Google Plus

ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 22 Mei 2017

Inilah 3 Hal Yang Paling Dinanti Oleh Mahasiswa

Menjadi mahasiswa memang pada faktanya tak seindah ketika masih menjadi anak SMA. Walaupun jam belajarnya yang tidak sepadat ketika masih di SMA, namun ternyata tidak menjamin menjadi mahasiswa adalah hal yang menyenangkan. Menjadi mahasiswa mengharuskan untuk belajar lebih banyak dan lebih mandiri. Apabila ketika di SMA semua materi sudah ada dalam pelajaan yang diberikan oleh guru, ketika di bangku kuliah, mahasiswa harus mandiri dalam mencari berbagai materi kuliah. Dosen hanya menyampaikan hal-hal yang dirasa penting, sedangkan mahasiswa harus mengembangkannya sendiri secara mandiri. Selain itu, bila ketika masih belajar di SMA semua buku mata pelajaran sudah tersedia dan dapat didapat dengan mudah, di bangku kuliah mahasiswa harus mencarinya sendiri ke toko-toko buku dan terkadang harganya sangat mahal. Ada juga beberapa buku penunjang materi kuliah yang langka dan sulit diperoleh, misalnya buku-buku lama yang sudah tidak dicetak lagi.




Selain masalah perkuliahan, menjadi mahasiswa khususnya mahasiswa rantau harus dapat menyiapkan segala sesuatunya secara mandiri. Mulai dari mengelola uang saku orang tua untuk membeli makan, membeli segala kebutuhan hidup, hingga untuk ditabung. Mengelola uang bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika pengeluaran bulanan membengkak karena harus membeli buku. Mahasiswa yang merantau tidak bisa begitu saja meminta uang dari orang tua, dan terkadang harus sabar menunggu hingga dikirim lagi oleh orang tua. Mahasiswa rantau harus dapat mengurus dirinya sendiri, mulai dari makan, kebersihan diri, belajar, hingga ibadah. Hidup jauh dari orang tua membuat mahasiswa rantau harus dapat mengelola diri sendiri, menjaga diri agar tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak baik. Oleh karena itu, penting untuk memilih teman yang dapat saling mengingatkan.

Menjadi mahasiswa juga memiliki sisi keunikan tersendiri. Mahasiswa selalu dihadapkan pada banyak pilihan hidup, karena di masa ini adalah masa pencarian jati diri dan masa untuk menentukan masa depan. Setidaknya ada tiga hal yang laing ditunggu-tunggu oleh mahasiswa ketika kuliah:

1. Kiriman Uang Saku

Berada jauh dari orang tua tidak bisa membuat mahasiswa bisa seenaknya sendiri meminta uang saku dari orang tua. Bagi mahasiswa yang mendapat kiriman uang mingguan atau bulanan, terkadang uang habis sebelum waktunya. Maka tak jarang mahasiswa harus meminjam uang teman terlebih dahulu sebelum uang kiriman orang tua datang. Uang kiriman adalah hal yan ditunggu-tunggu oleh mahasiswa setiap minggu atau setiap bulan.

2. Liburan

Menjadi mahasiswa bukan berarti dapat santai-santai. menjadi mahasiswa justru sangat sibuk, karena harus mengerjakan tugas ini dan itu dari dosen. Belum lagi bila aktif di organisasi, maka harus dapat membagi waktu dengan baik. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang akhirnya jarang pulang kampung. Waktu liburan adalah waktu yang amat ditunggu oleh banyak mahasiswa, karena dapat pulang kampung dan beristirahat dari hiruk pikuk kehidupan kuliah yang melelahkan.

3. Wisuda

Wisuda menjadi akhir penanda dari masa kuliah. Setiap mahasiswa selalu menantikan waktu untuk diwisuda, karena tandanya mereka telah lulus dari bangku kuliah dan dapat bekerja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot