Industri Batik Tulis di Jawa Tengah

Batik adalah warisan budaya leluhur yang telah menjadi identitas budaya di Indonesia. Bahkan batik merupakan budaya Indonesia yang paling mendunia. Indonesia memiliki kota-kota batik yang terkenal.  
Masing-masing memiliki gaya dan corak yang mewakili daerahnya. Kota batik menjadi daerah yang terkenal dengan kegiatan ekonomi batik sekaligus langkah untuk melestarikan budaya nusantara. Pulau Jawa sendiri terdapat pusat pembuatan Batik mulai dari bagian barat, tengah, sampai timur. Jawa Tengah menjadi provinsi yang memiliki industri batik paling banyak diantara jawa barat dan jawa timur. Lantas industri batik mana saja yang ada di Jawa Tengah.


- Di Yogyakarta 

Memiliki industri batik yang terletak dekat dengan keraton Yogyakarta. Kampung Batik Ngasem terkenal menjadi pusat batik dengan koleksi motif cukup lengkap. Kampung ini juga dijadikan kampung wisata tengah kota Yogyakarta. Untuk Anda yang suka dengan batik, Anda bisa menyelusuri beberapa toko batik yang ada di kampung Ngasem. Di kampung batik Ngasem ini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan para pengrajin batik tulis.

- Di Sragen 

Terdapat kampung batik Girli Kliwonan yang menjadi kampung wisata budaya. Lokasi kampung ini sangat menarik karena menawarkan pemandangan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Anda dapat menjelajah kampung ini sambil memancing di pinggir Sungai Bengawan Solo yang terkenal itu. Anda dapat belajar membatik langsung yang nanti diajarkan oleh para pengrajin. Kampung ini memiliki macam variasi kerajinan dari batik. Karena suasana kampung yang menyenangkan, di sana menawarkan homestay bagi wisatawan di rumah penduduk. 

- Di Solo 

Terdapat kampung batik Laweyan yang hanya berjarak 5 kilo meter dari pusat Kota Solo. Kampung sejarah ini menjadi pusat perhatian wisatawan karena di sana Anda bebas melihat proses pembuatan batik dan pusat oleh-oleh batik khas Solo. Kampung ini disebut kampung sejarah karena di sana tempat lahir dari pendiri Dinasti Mataram Islam. Selain itu kampung ini dahulu menjadi tempat berdirinya Serikat Dagang Islam yang dipimpin KH Samahudi. Industri batik di sini telah dirintis sejak dahulu kala yaitu tahun 1935. Anda dapat mengikut pelatihan membuat batik di kampung Laweyan ini.

- Di Pekalongan

Ada kampung batik Kemplong yang memiliki koleksi batik nusantara dengan corak unik yaitu campuran pengaruh Cina, Arab, dan Belanda. Ciri khas batik dari Pekalongan adalah punya banyak warna. Pekalongan sendiri memang telah dikenal dengan sentra batik. Tak heran bahwa banyak sekali ditemukan industri kecil dan menengah yang memproduksi batik. 

Itulah beberapa tempat industri batik tulis yang ada di Jawa Tengah. Kehadiran tempat-tempat inilah yang menjadikan batik bertahan dan eksis hingga saat ini bahkan sampai masa mendatang. Adanya industri batik selain untuk melestarikan harapannya juga meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggal di sekitar daerah tersebut. Cintailah batik sebagaimana Anda mencintai negara Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Cold Pressed Di Lemonilo.com Segera

Bantuan Untuk Warga Somalia Yang Dilanda Kelaparan

Wakaf Pangan Untuk Mengatasi Krisis Kelaparan