Bagaimana Cara Memilih Batik Yang Berkualitas - Menjadi Lebih Pintar

Find us on Google Plus

ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 10 Mei 2017

Bagaimana Cara Memilih Batik Yang Berkualitas

Penggunaan batik pada dunia fashion tidak pernah mati. Di Indonesia batik adalah warisan budaya yang menjadi kebanggaan besar bagi masyarakat Indonesia. Sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia pastilah memiliki sedikitnya satu baju dengan bahan batik. Namun bila Anda ingin membeli bahan baik pasti akan menemukan batik dengan harga murah hingga batik dengan harga yang terbilang mahal. Batik yang beredar di pasaran memiliki kualitasnya tersendiri. Semakin mahal maka semakin baik kualitas batik itu sendiri. Karena hal tersebut terkadang orang bingung bagaimana memilih batik yang berkualitas. Ada beberapa kriteria yang dapat menentukan batik mana yang berkualitas.

- Kualitas Jenis kain batik

Batik dibagi menjadi dua jenis yaitu batik cetak dan batik tulis. Batik cetak dibuat dengan cetakan mesin untuk batik. Sedangkan batik tulis dibuat dengan cara tradisional yaitu dengan canting. Terlihat dari segi kesulitannya, batik tulis membutuhkan keterampilan tinggi untuk membuatnya. Batik tulis lebih mahal dibanding dengan batik cetak. Kain batik juga mempengaruhi harga. Semakin nyaman kain yang digunakan maka semakin mahal pula harganya. Jenis kain yang sering digunakan adalah kain sutera, kain serat nanas, kain paris, dan kain katun. Kain sutera berbahan paling nyaman dan harganya pun cukup mahal.

- Kualitas Cetakan 

Anda dapat melihat kualitas cetakan dengan membalik bahan. Kualitas cetakan pada kain batik yang baik yaitu memiliki cetakan luar kain dan dalam kain sama. Bila sama maka batik itu dibuat dengan proses yang lebih detail dan awet.

- Kualitas Warna

Cara untuk dapat mengenali kualitas warna yang baik adalah raba warna cat dan bila dipegang warna tidak menempel pada tangan. Kain yang tidak memenuhi syarat tersebut akan cepat luntur dan cepat pudar.

- Kualitas pola 

Biasanya pola batik dibagi menjadi dua yaitu pola tradisional dan pola modern. Semakin rumit pola batik yang dibuat maka semakin mahal harga batik tersebut. Pola yang rumit pasti tersedia terbatas oleh karena itu harganya bisa sangat mahal.

Sebelum membeli batik, Anda bisa menempelkan pada kulit tangan terlebih dahulu. Tujuannya agar mengetahui dan merasakan langsung kenyamanan batik. Kain batik yang terasa dingin di kulit termasuk dalan batik berkualitas tinggi. Batik yang berkualitas memang sangat nyaman dipakai, tidak luntur, tidak pudar bila dicuci berulang, pola yang digunakan rumit, bila dibalik  antara cetak luar dan dalam sama, dan menggunakan teknik batik tulis. Jadi bila Anda menemukan batik dengan harga yang terlampau mahal, Anda bisa mempertimbangkan kriteria tadi. Di Indonesia memiliki beragam corak batik yang unik dan menarik. Hampir seluruh daerah memiliki corak ciri khasnya. Tak usah ragu untuk memakai batik karena saat ini perkembangan batik lebih stylish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot