3 Ciri Kampus Itu Dikatakan Baik - Menjadi Lebih Pintar

Find us on Google Plus

ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 22 Mei 2017

3 Ciri Kampus Itu Dikatakan Baik

Banyak faktor yang menandakan sebuah perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta dikatakan memiliki mutu pendidikan baik. Lulusan Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan tentu akan memilih kampus yang baik agar bisa menjamin masa depannya kelak. Perhatikan ciri-ciri kampus yang baik serta mutu pendidikannya tinggi di bawah ini agar kita tidak salah pilih ke depannya.

1. Pertama adalah tingkat penerimaan kerja lulusannya. Tingkat penerimaan kerja yang tinggi akan 

menjadi salah satu penanda apakah mutu pendidikan kampus tersebut baik atau tidak. Misal dari 100 lulusan, 99 di antaranya telah bekerja dan hanya satu orang yang masih menganggur. Maka, mutu pendidikan kampus tersebut bisa dikatakan baik karena banyak dibutuhkan oleh perusahaan sekarang ini.

2. Kedua, perhatikan tingkat akreditasi jurusan serta akreditasi kampus. Nilai akreditasi yang tinggi 

seperti A atau B akan dapat menentukan nilai program jurusan pada satu perguruan tinggi. Akreditasi yang minim dapat menghambat saat lulusannya hendak melamar pekerjaan karena masih jauh dari angka normatif yang dibutuhkan perusahaan. Ini bisa membuat lulusannya dikesampingkan pasar kerja. Pilih perguruan tinggi yang akreditasinya minimal sudah B. 

3. Ketiga, lihat dari segi fasilitas pembelajaran yang tersedia. Fasilitas pembelajaran memadai akan 

dapat menunjang proses belajar mengajar. Fasilitas memang bukan faktor utama mahasiswa dapat menjadi lebih pintar dan terampil. Namun dengan fasilitas lengkap serta memadai, referensi serta wahana belajar akan menjadi lebih kompleks. Terutama adalah fasilitas laboratorium serta perpustakaan dengan koleksi peralatan dan buku-buku yang lengkap. 

Selain ketiga poin di atas, penanda kampus yang baik selanjutnya adalah kurikulum yang sesuai. Kampus modern tentunya akan menggunakan kurikulum sesuai standar yang berlaku. Kampus yang masih menggunakan kurikulum lama artinya kampus tersebut kurang up to date sehingga masih kurang bagus mutu pendidikannya. Kemudian, penilaian IPK juga harus secara objektif. Banyak kampus yang memberikan nilai tinggi untuk mahasiswa secara sembarangan padahal nilai ini harus bisa dipertanggungjawabkan baik secara materil maupun moril.  Kampus yang memberikan nilai secara asal-asalan adalah kampus yang mutu pendidikannya masih kurang sehingga sebaiknya tidak kita pilih sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi.

Dari beberapa poin di atas, tentu kini kita bisa mempersempit pilihan akan perguruan tinggi yang hendak dimasuki selepas lulus SMA atau SMK nanti. Memilih perguruan tinggi, jurusan hingga program studi harus tepat karena dapat mempengaruhi karir kita ke depan nantinya. Kita bisa memilih jurusan dan juga program studi berdasarkan hal-hal yang kita minati. Dengan begini maka kita akan lebih bahagia saat menjalani proses perkuliahan dan mendapatkan pekerjaan di bidang yang benar-benar kita sukai. Demikian uraian terkait kampus yang baik dengan melihat beberapa ciri-cirinya di atas. Semoga ulasan ini bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot