Industri Belanja Batik Di Yogyakarta - Menjadi Lebih Pintar

Find us on Google Plus

ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 22 April 2017

Industri Belanja Batik Di Yogyakarta

BKPM "Keberhasilan kota kota di Jawa Tengah dalam menjalankan usaha di sektor industri tekstil melalui kerajinan batik mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor dan dapat memberikan dampak baik bagi kemajuan industri tekstil secara keseluruhan
Batik merupakan warisan kekayaan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia. Masing masing daerah di Indonesia memiliki motif batiknya tersendiri. Motif tersebut memiliki ciri khas yang membedakan motif satu dengan yang lain. Saat ini batik menjadi seragam yang digunakan untuk menghadiri acara yang sifatnya formal. Bahkan batik juga menjadi seragam wajib pada hari tertentu untuk pegawai kepemerintahan. Semakin tingginya permintaan produksi batik berpengaruh pada perkembangan industri tekstil di Indonesia 2016. Hal tersebut secara tidak langsung meningkatkan pendapatan dari sektor industri tekstil di Indonesia.  


Permintaan batik yang meningkat memberikan peluang bagi perusahaan perusahaan yang bergerak di sektor industri tekstil beramai ramai untuk memproduksi batik. Banyak perusahaan perusahaan tekstil batik yang bermunculan dan kebanyakan dari usaha yang awalnya hanya lah usaha rumah kecil kecilan. Masing masing perusahaan berupaya untuk memproduksi batik dengan kualitas yang baik untuk menarik hati calon pembeli. Pemasaran batik pun dilakukan dengan beragam cara. Tidak hanya menjajakannya di pasar atau butik, pemasaran batik saat ini sudah merambah dunia online dengan mengandalkan situs situs penjualan online yang sekarang  sedang naik daun. Kepopuleran batik berdampak pada jumlah pendapatan Negara sehingga mampu membantu meningkatkan perekonomian Negara Indonesia.

Salah satu kota di Indonesia yang terkenal sebagai kota batik adalah Pekalongan, Jawa Tengah. Kota Pekalongan dikenal sebagai produsen batik yang banyak diminati khalayak ramai, baik lokal mau pun asing karena memiliki motif batik yang unik dan menarik. Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jawa Tengah menjadi tujuan investor industri tekstil di Indonesia 2016 mengalahkan Jawa Barat yang dulu selalu menduduki posisi pertama sebagai tujuan investor industri tekstil di Indonesia. Keberhasilan kota kota di Jawa Tengah dalam menjalankan usaha di sektor industri tekstil melalui kerajinan batik mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor dan dapat memberikan dampak baik bagi kemajuan industri tekstil secara keseluruhan. Oleh sebab itu keberadaan batik sangat berpengaruh bagi perkembangan industri batik.

Dan Apa Kaitannya Dengan Yogyakarta?

Berkunjung ke Kota Yogyakarta rasanya kurang lengkap jika hanya sekedar mengunjungi tempat wisata atau berkuliner saja. Ada hal lain yang bisa dilakukan ketika sedang berada di kota ini yakni berbelanja batik. Batik di kota ini terkenal memiliki corak yang indah dengan warna-warna yang menarik.

Bila ingin berbelanja batik di Kota Yogyakarta tidak sulit karena banyak toko yang menjual batik. Batik yang dijual tidak hanya dalam berbentuk kain saja melainkan bisa dalam berbagai bentuk seperti kemeja, jas, sepatu, tas bahkan sampai perhisan dan pajangan rumah. Harga yang ditawarkan tiap toko pun berbeda-beda. Berikut adalah toko-toko yang menjual batik dalam bentuk yang beraneka ragam:

1. Batik Mirota


Batik Mirota merupakan salah satu toko batik yang terkenal di Kota Yogyakarta. Letaknya di kawasan Malioboro. Di toko ini, tidak hanya baju batik saja yang bisa Anda temukan melainkan berbagai macam produk yang dibuat dengan sentuhan batik misalnya kerajinan, tas dan pernak-pernik lainnya. Harga yang ditawarkan untuk setiap produknya memang terbilang tidak murah yakni rata-rata 200.000 Rupiah. Hal ini tidak mengherankan karena letak Toko Mirota Batik sendiri yang berada di pusatnya oleh-oleh, selain itu produk yang dijual pun secara kualitas memang baik. Bila Anda ingin berbelanja di toko ini bisa datang ke Jl. Ahmad Yani No.9, Malioboro.

2. Rumah Batik


Bila ingin mencari sesuatu hal yang berkaitan dengan batik namun dengan harga murah, bisa mengunjungi Rumah Batik. Toko ini memang menyediakan segala hal yang berkaitan dengan batik terutama pakaian yang menjadi produk utamanya. Harga produk yang dijual di toko ini juga terbilang murah, namun untuk beberapa kain batik ada yang dibandrol dengan harga mahal. Semua itu tergantung pada kualitas produk itu sendiri. Untuk yang harga murah pun tidak perlu khawatir karena kualitas yang diberikan pun tetap baik. Rumah Batik ini terletak di Jl. Nogosari Lor 8, Kraton. Anda juga bisa mengunjungi toko ini pada pukul 07.30 wib hingga pukul 21.30 wib

3. Kampung Batik Giriloyo



Kampung Batik Giriloyo yang berada Desa Wukirsari Bantul merupakan kawasan sentra batik tulis yang terbesar di kota tersebut. Di Kampung Batik Giriloyo, Anda bisa melihat para pengrajin yang sedang sibuk membatik serta proses pembuatan batik tersebut dari nol. Anda juga bisa membeli produk-produk yang ditawarkan tempat ini, tentunya harganya bisa Anda tawar. Namun rata-rata harga yang ditawarkan berkisar 350.000 Rupiah hingga jutaan.

Tiga tempat belanja batik di Kota Yogyakarta tersebut bisa Anda jadikan pilihan. Jangan lupa juga untuk melihat situs Indonesia Travel guna mendapatkan informasi mengenai batik maupun tempat belanjanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot